Writer’s Block.

Ketika ditanya, gimana caranya bikin lagu yg bagus?

Saya juga nggak punya jawabannya. Kita sama-sama tersesat, sama-sama bingung.

Saya selalu merasa insecure, tidak yakin, takut dan muak pada titik tertentu dalam proses penciptaan karya. Ketika inspirasi itu tak kunjung datang dan kita hanya menunggu, berusaha, gagal, menunggu dan kembali ke titik nol.

Pillihan lirik yang terdengar konyol, nada yang muncul terasa murah dan warna musik yang serba abu-abu adalah makanan sehari-hari.

Saya terbangun dengan keadaan gelisah yang berkecamuk setiap pagi. Apa yang mau saya tulis hari ini? Apa yang mau saya buat? Bagus nggak? Enak nggak?

Every. Single. Day.

Namun dalam lubuk paling dalam, keadaan ini menyalakan satu bohlam kecil di hati saya. Bahwa apa mungkin ini yang saya butuhkan? Perasaan tersesat, bingung dan takut ini yang akan membawa saya ke satu tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Kita selalu bisa melakukan hal yang sudah kita tau. Melewati jalan yg sudah kita hafal, berkendara lewat rute yang biasanya. Saking pahamnya, lantas kita juga sudah bisa tau hasil akhirnya.

Ini adalah perasaan nyaman. Perasaan aman yang tidak menarik.

Ketebak.

Bertualang memang penuh dengan kengerian. Tapi berjalan dan meniti hutan sendiri untuk menuju ke tempat baru selalu lebih memuaskan dibanding menapaki yang sudah dilewati.

Pagi ini saya masih meniti. Menyalakan gitar dan mencoba membuat lagu. Apakah nada ini akan sampai tujuan? Atau malah tak tentu arah?

Persetan.

Ayo menulis lagi.

Advertisements

One thought on “Writer’s Block.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s