ULASAN ALASAN Vol.1 : COCO

COCO film yang bagus. Saya lumayan nahan air mata di beberapa adegan terakhir. Banyak pesan soal keluarga yang sederhana namun sangat dalam dan bermakna. Bagaimana mengenang orang tua dan bagaimana mereka ingin dikenang.

Dulu guru saya pernah cerita bahwa orang yang sudah meninggal akan diliputi kegelapan ketika Ia tidak lagi didoakan oleh keluarganya. Doa anak, doa orang tua, doa kerabat dan sanak saudara adalah pelita untuk mereka yang sedang berjalan di alam sana.

COCO membungkus ranah spiritual ini dengan cara yang dramatis tanpa menabur kalimat-kalimat klise yang mudah ditebak seperti yang disajikan film pendek pembukanya. Sudah lama, membosankan, corny pula.

Konflik umum yang kerap terjadi antara anak yang mendobrak tradisi keluarga, orang tua kolot yang memaksakan kehendaknya hingga kekecewaan serta pergelutan batin sarat dalam film ini. Yang saya salut, penyampaiannya begitu sederhana dan mengena. Dialog-dialognya tepat guna.

Mengenai gambar, tak perlu komentar panjang soal Pixar. Detail, warna, movement dan ekspresi tokoh semua top notch 5 bintang dari 3.

Overall film ini akan sangat berdampak untuk pribadi yang menempatkan keluarga sebagai tonggak utama. Sangat layak untuk ditonton.

Selamat menyaksikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s