Musisi Harus Bangun Pagi

Tak usah pakai prolog karena saat menulis ini saya sedang duduk di dalam bilik toilet salah satu stasiun TV swasta. Jadi lebih cepat lebih baik. Eh ini prolog ya?

Kita mulai sekarang. Saya berangkat jam 1 pagi dari rumah saya di Bekasi untuk menuju studio Barasuara di Fatmawati. Pagi ini Barasuara akan melakukan live show di Indonesia Morning Show yang akan dimulai jam 6 pagi.

Pada prakteknya kami akan bermain pukul 07:30 namun persiapannya memang dimulai sejak dini hari. Kami mulai soundcheck jam 4. Kru kami sudah mulai bersiap sejak pukul 02:30. Sebuah gambaran jam kerja yang mungkin tidak manusiawi untuk sebagian orang.

image

Tak perlu saya bercerita tentang lelah dan rasa kantuk. Karena saya tidak boleh menempatkan ini sebagai keluhan atau alasan untuk performa yang cacat. Semuanya adalah bagian dari pekerjaan sebagai musisi.

Hari-hari kami sebagai musisi diwarnai oleh kehidupan dari panggung ke panggung yang sangat seru dan menyenangkan. Banyak sekali berkah yang luar biasa yang kami dapat. Namun semua hal gemerlap bukan terjadi dalam sekejap.

Ada perjalanan darat dan udara yang melelahkan, tempat singgah yang kurang berkenan, tata suara panggung yang tidak baik, panitia yang kurang kompeten, instrumen yang seketika rusak dan masih banyak lagi.

Di atas semua itu, kami harus tampil maksimal seakan hal buruk tidak pernah terjadi. Itu adalah tuntutan dan harus kami tuntaskan.

Apa yang saya dapat hari ini adalah buah perjalanan selama hampir separuh hidup saya. 15 tahun menekuni musik. Jadi memang bukan hal yang mudah untuk hidup menjadi musisi namun bukan hal yang mustahil. Semua bisa sukses jika kita cintai subjeknya.

Intinya memang tidak boleh manja dan harus tahan banting.

Sekarang saya harus segera bersiap, terimakasih sudah membaca.

Leave a Reply

