Tiru, Kembangkan, Ciptakan.

Banyak hal yang saya dapat ketika KGG (Kelas Gitar Gratis) menghadirkan Dewa Budjana sebagai pengajar tamu. Dari obrolan, sharing, hingga pelajaran pelajaran seputar teknik gitar secara singkat dan padat saya dapatkan. Semua ini campur aduk dengan perasaan grogi dan nervous saya sebagai salah satu penggemar dan pengagum Dewa Budjana. Tidak banyak gitaris Indonesia yang begitu memukau saya dengan pendekatan seni yang intens seperti Budjana. Gitaris jago banyak sekali, namun Budjana mampu memisahkan diri dari barisan panjang tersebut untuk maju sebagai diri sendiri. Kuncinya adalah jangan menjalani apa yang sudah dilalui oleh banyak orang. Dan ini adalah awal mula pembelajaran saya.

KENALI DIRI.

Dari ribuan orang, kita pasti adalah tiap orang yang berbeda. Lalu mengapa tidak menjadi diri sendiri dan berbangga untuk itu? Tentu tidak semudah yang dituliskan di berbagai buku buku motivasi itu kan? Tapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Untuk menggali potensi diri sendiri dibutuhkan proses pembelajaran. Karena dengan belajar kita jadi kaya akan referensi. Dan referensi referensi inilah yang akan kita jadikan perkakas untuk memahat bentuk yang kita inginkan. Tidak mungkin kita membuat nasi goreng tanpa tau bagaimana cara memotong dan menumis bumbu. Semua ada urutannya. Dari memotong, menakar, menumis, memasukkan nasi, lalu mencampur semua dan memasak hingga matang. Perlu disadari bahwa proses belajar adalah proses meniru. Tirulah hingga kita mengingat itu dengan baik, lantas ketika kita sudah lihai dan menguasai untuk meniru, sebaiknya kita mulai untuk berkreasi. Dan ini adalah proses belajar yang berikutnya.

KREASI

Proses ini bisa dibilang adalah sebuah momentum yang menegaskan individu seperti apakah kita? Kualitas apa yang kita punya? Sebagai peniru atau sebagai pengembang? Semua orang bisa jadi peniru yang baik, namun untuk membawa hasil tiruan itu menjadi bentuk lain yang memiliki identitas sendiri adalah hal yang membutuhkan kreatifitas. Ya, kreatifitas. Seperti semua orang tentu bisa memasak Indomie dengan cara yang tertulis pada kemasan. Direbus, lalu dicampur dengan bumbu, makan. Namun para orang kreatif tidak berpikir sampai disitu. Mereka menambahkan telur, cabai, keju, kornet, dan berbagai bahan lain untuk mendapatkan rasa yang mereka inginkan. Ini naik satu tingkat dari tahapan meniru menuju mengembangkan. Inilah yang menjadi proses kita untuk menjadi berbeda dengan orang lain. Dan proses selanjutnya adalah..

KARAKTER

Ketika Dewa Budjana menjelaskan soal skill gitar untuk musik Blues, Ia secara jujur mengatakan bahwa Ia jarang sekali bahkan hampir tidak pernah memainkan tangga nada Blues ketika Ia bermain. Pemikirannya sederhana, “Kenapa main gitar harus pentatonik? Harus Blues?” Dengan pola pikir seperti itu lantas Ia mencari tangga nada yang tidak lazim untuk dimainkan.Ia mencampur berbagai unsur yang Ia pelajari untuk kemudian Ia mainkan dengan caranya sendiri. Dan sejak dulu Budjana tidak suka untuk memainkan lagu orang, Ia memilih untuk membuat lagu sendiri. Karena dengan itu Budjana bisa menjadi tuan rumah di musiknya sendiri. Setelah proses belajar meniru, mengembangkan, kini Ia membuat karya sendiri. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa dengan membuat lagu sendiri, yang keluar adalah karakter asli dari sang musisi. Seperti apa yang ada di kepalanya maka tertuanglah dalam nada.

Salah satu hal terbaik ketika kita menciptakan lagu sendiri adalah kita tidak memiliki batasan apapun. Kita bisa membuat lagu yang kita mau dengan aransemen sesuai keinginan kita. Cepat, lambat, panjang, pendek, keras, pelan, semua terserah. Kita adalah bos nya. Yang jelas selama lagu itu bisa dinikmati orang lain berarti kita ada di lajur yang benar.

Mari kita mulai menggali karakter, mengembangkan dan kenali passion dalam diri. Karena menjalani hidup dengan terkurung norma norma umum yang diciptakan orang lain adalah sia sia. Kita semua berbeda.

Semoga pemikiran akhir pekan saya ini bermanfaat.

🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s