Sendiri

Sering kan kita ada dalam kondisi menunggu pekerjaan atau ingin mengerjakan sesuatu namun kepentok sama skill?

Pasti pernah.

Misalnya :

“Gw pengen bikin kamar gw jadi lebih bagus, tapi gw nggak paham soal interior. Yaudah minta tolong si A deh untuk bantuin gw nge-design kamar”

“Gw pengen bikin video buat band gw, tapi gw nggak ngerti soal kamera dan editing video, si B jago nih soal beginian. Coba gw minta tolong dia kali ya”

Nah tentu kita pernah bertemu dengan kondisi kondisi seperti di atas walau dalam keperluan yang berbeda. Sungguh menyenangkan memiliki teman teman yang berbakat dan juga baik hati. Alangkah indahnya jika mereka senantiasa membantu kita menuntaskan apa yang kita perlukan.

Menyenangkan bukan?

Sekarang kita ambil kondisi yang serupa, namun kali ini dengan respon yang berbeda. Bagaimana jika teman teman anda yang berbakat itu kini sibuk dan tak memiliki waktu untuk membantu anda mengerjakan pekerjaan itu? Bahkan anda juga sudah jarang bertemu untuk waktu yang lama. Masa tiba tiba minta tolong? Nggak apa apa sih tapi kayanya kurang asik aja. Lalu buah dari keadaan ini adalah sekarang pekerjaan kita jadi tersendat, mandek, atau bahkan terpaksa digagalkan. Menyedihkan. Padahal semua rencana sudah tersusun rapih dan baik. Lantas apa pesan moral yang ada dari kejadian ini?

Jangan mengandalkan orang lain.

Mungkin terdengar klise, tapi ini sangat benar. Kerjakan sendiri. Tidak ada hal yang tidak bisa kita pelajari di dunia ini, semua bergantung pada niat kita untuk mau atau tidak. Jika memang cita cita kita begitu kuat dan tinggi saya rasa anda juga tidak akan segan untuk melakukan apapun untuk meraih hal tersebut (di jalan yang halal tentunya). Kecuali memang anda setengah setengah dan memiliki mental mudah menyerah, ya itu sah sah saja. Tak heran sekarang anda merasa mandek dan dirundung kecewa. Sudahlah, seka air mata dan kubur rasa sedih itu dalam dalam. Mempelajari banyak hal akan membuat kita kaya secara intelektual. Jelas bukan perkara mudah, apalagi jika hal yang ingin kita pelajari berseberangan dengan disiplin ilmu kita selama ini. Pasti ada rasa takut, tidak percaya diri, malas, dan lain lain. Hal terbaik yang bisa kita lakukan ketika semua keraguan ini muncul adalah, tanyakan pada diri anda sendiri,

“Apakah saya benar benar menginginkan ini?”

Jika jawaban hati kecil anda bilang iya, maka tak ada alasan untuk menahan diri melakukan hal hal positif yang bisa mempercepat laju anda menuju hal yang anda impikan. Buang jauh pikiran buruk dan mulailah belajar.

Saya pribadi tentu juga tidak se-sempurna apa yang saya tuliskan, saya menulis ini sebagai pecut untuk diri sendiri. Mungkin sebagian orang sudah tau bahwa saya adalah seorang gitaris/musisi di berbagai band, dan kini saya sedang mempelajari seni video dan fotografi untuk memudahkan saya mendokumentasikan hasil karya saya. Tentu masih dalam tahap pemula namun saya yakin bahwa saya bisa meningkatkan kualitas diri saya sendiri. Kita sama sama makan nasi dan minum air putih, kalo mereka bisa kenapa kita nggak bisa? Ini bukan soal terlalu percaya diri atau narsis, namun ini adalah sebuah statement pribadi bahwa kita sebagai manusia bisa belajar, bisa jadi lebih tau, dan bisa jadi lebih baik. Dan ketika kita belajar, perlu disadari bahwa tidak semua hal adalah kompetisi. Camkan pada diri kita sendiri bahwa tidak dalam semua hal kita dapat jadi yang terbaik. Sadari kemampuan diri. Aturlah ambisi agar kita tidak melaju seperti dikejar iblis. Berjalan dengan tenang, lihat sekitar, bertanya jika tidak paham, dan jangan keras kepala. Belajar dengan pola pikir seperti ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk siapapun yang membaca. Terimakasih udah mampir.

Selamat belajar!

-Iga-

Advertisements

2 thoughts on “Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s