Ru2

Kemaren malem saya dateng ke Galeri Nasional, acaranya RuRu (Ruang Rupa). Disana saya melihat pameran seni. Saya emang bukan orang yg ngerti ngerti amat soal seni. Seni rupa, film, dan sebagainya.. Saya hanya dalam taraf menikmati saja, belum sampai mencerna.

Memang saya mungkin nggak nangkep apa yang ditujukan si artis dalam karya yang Ia buat, tapi ketika saya lihat bahwa lukisan atau foto yang dipamerkan itu bisa membuat saya tersenyum atau mau sedikit berlama lama memandanginya, menurut saya objek itu sebagai karya seni sudah cukup sukses.

Saya nggak mau cepet cepet bilang “Ah nggak ngerti gw! Cabut yuk!” Karena saya menghindari berpikir dengan pola tertutup seperti itu, tapi saya juga nggak memaksakan diri untuk ngerti. Santai dan nikmati.

Dan ketika ditanya “Lo ngerti nggak maksudnya?” Saya akan jawab jujur kalo saya nggak ngerti semua. Tapi saya menikmatinya.

Dan pameran di Galeri Nasional oleh RuRu tadi malam adalah sebuah pameran yang menghibur buat saya. Banyak yang lucu dan kreatif. Katakanlah saya ini orang awam, nggak suka yang ribet ribet mesti mikir dalam dalam. Karya seni buat saya itu kayak cinta pandangan pertama. Kalo dari awal udah nggak sreg yaudah nggak usah dipikirin, cari aja yang sreg trus nikmatin. Seni adalah sesederhana itu menurut saya. Karya yang hebat adalah karya simple penuh makna dan dapat dipahami oleh masyarakat luas. Karya hebat kalo pesennya nggak nyampe karena terlalu susah dipahami juga jadinya mubazir. Kecuali emang si artis bikinnya buat dia sendiri. Tapi kalo emang bikin buat diri sendiri ngapain repot repot ngadain pameran? hehehe

Ya begitulah pokoknya kesan kesan saya di pameran tadi malam. Menghibur untuk saya yang awam ini.

🙂

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Ru2

  1. ekayayay

    “Karya yang hebat adalah karya simple penuh makna dan dapat dipahami oleh masyarakat luas” itulah karya seni yang lo buat bersama 2 orang temen-temen lo 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s