PERSEPSI

Beberapa hari ini saya tidak henti mendengarkan Tokyo Jihen. Sebuah band percampuran antara Jazz, Rock, Pop, dan entah apa lagi.. Sebuah band yang senantiasa membuat saya jatuh cinta. Mereka bernyanyi dalam bahasa yang tidak saya mengerti. Namun dengan pemahaman saya sendiri saya dapat menikmati musik dan harmonisasi yang mereka buat.

Memang inilah keajaiban musik, emosi yang disampaikan begitu merasuk dalam saya. Entah bagaimana caranya, karena secara lirik saya sama sekali tidak mengerti! Mungkin aja ketika saya ikuti alunan nada sedihnya ternyata mereka lagi ngomongin keselek makan Tempura? Saya sungguh heran.. Bagaimana ini semua bisa terjadi dan membuat saya sendiri bergidik tiap kali mendengarkan lagu lagu dari mereka?

Sama hal nya mungkin dengan Sigur Ros. Berapa banyak sih orang yang ngerti apa yang dinyanyiin sama Jonsi? Tapi kita sebagai yang denger bisa ikut merasa sedih, merasa galau, dan merasa bahagia. Coba kalian tanya sendiri sama diri kalian kenapa bisa sampai begini?

Semua hal ini tidak memerlukan penjelasan dan jawaban, yang kita perlukan adalah kita mengerti akan diri kita sendiri dan semua emosi yang tertumpah ketika kita menyerah pada harmonisasi nada. Menyerahlah kepada itu semua. Maka dengan perasaan nihil kita akan menjadi orang yang sangat terbuka.

Kenikmatan yang tertinggi adalah ketika kita melepas semua persepsi tentang apa yang baik dan tidak sesuai. Kadang pemahaman kita akan sesuatu yang sering menjebak kita hingga kita menutup diri untuk hal hal baru diluar kebiasaan kita. Kita menjadi korban atas kepicikan pikiran kita sendiri.

Namun cobalah berjalan ke tempat yang tidak kita mengerti. Sebuah keadaan dimana kita tidak tahu apa apa. Tempat dimana kita adalah nol. Maka dari situ kita bisa berjalan tanpa arah. Tanpa akhir yang bisa ditebak.

9 thoughts on “PERSEPSI

  1. tiara aywrdn

    “mendengarkan musik yg bahasanya tidak kita mengerti membuat kita lebih objektif terhadap ‘musik’ itu sendiri.. semua emosi yang tertumpah ketika kita menyerah pada harmonisasi nada.
    –> setuju.

    dan entah gimana musiknya jadi terasa lebih… magis.

    Reply
  2. arisusetyo

    hal yang sama mungkin terjadi pada saya bang iga.
    dan kali ini yang jadi tokoh idolanya adalah bang iga dan band anda, ttatw.
    tentang keajaiban musik dan merasakan harmoni sebuah lagu. itu yang saya dapat dari satu album rasuk.

    dan saya suka paragraf ini :
    “Semua hal ini tidak memerlukan penjelasan dan jawaban, yang kita perlukan adalah kita mengerti akan diri kita sendiri dan semua emosi yang tertumpah ketika kita menyerah pada harmonisasi nada. Menyerahlah kepada itu semua. Maka dengan perasaan nihil kita akan menjadi orang yang sangat terbuka”.

    saya bahkan tidak ingat kapan pertama kali denger ttatw, tapi saya masih ingat pernah sekali nonton live performance ttatw dan pertama kalinya merasakan semangat dari musik yang dimainkan.
    dan begitu saja, sampai sekarang. . .
    anda dan band anda memberi pengaruh tentang cara pandang musik dan semangat.

    sukses. . . !

    *oiya, terima kasih untuk sudah me-reply tweet saya kemaren bang iga.hahahaha. . .

    Reply
  3. Laniduls

    Waktu pertama dengerin Tokyo Jihen, “opo iki?” tp setelah diputer berulang kali, “edan ini”

    Kalau ga ngerti bahasanya tapi musiknya seru dan bisa dinikmati itu baru nama nya musik sebagai bahasa universal 🙂

    Reply
  4. nininenenonon

    Ngmg2 soal TJ. ada lagunya SR yg judulnya marunoichi sadistic. tau lagu itu? itu ternyata surat cinta buat gitaris band fav nya SR.

    Reply
  5. nadia

    saya baca blog anda, dan entah mengapa tersihir sama tulisan anda. saya sangat suka dengan yang ini, “Kadang pemahaman kita akan sesuatu yang sering menjebak kita hingga kita menutup diri untuk hal hal baru diluar kebiasaan kita.” terus menulis iga massardi, saya tidak sabar melihat tulisan anda berikutnya

    Reply
  6. adon

    saya tidak mengira anda jg suka dengan tokyo jihen dan sigur ros,sama sekali dengan saya hahahaaha,saya jadi penasaran apa anda jg suka dengan L’arc en ciel??

    Reply

Leave a Reply

