Memory Man

Biasanya dulu waktu kecil kalo saya bosen siang siang, langsung ambil sepeda dan mencoba peruntungan dengan dateng kerumah temen temen yang sekiranya udah pulang sekolah atau emang dirumah nya nggak mengenal budaya tidur siang. Karena waktu itu saya masih kecil jadi sah sah aja manggil yang punya rumah dengan meneriakkan namanya. Kalo sekarang masih ada orang yang manggil saya pake “Igaaa..! Igaaa.!!” rasanya pengen saya timpuk pake gembok.

Jadi perjalanan siang hari bak musafir ini tidak selalu berakhir indah, kadang juga menjadi akhir yang tragis karena harus pulang kerumah dengan hati hampa dan perasaan yang nggak seru. Entah si Paul yang mesti tidur siang atau si Kevin yang lagi disimpen Nintendo nya gara gara nilai ulangan nya jelek. Beruntung saya walaupun nilai jelek nggak pernah disimpen Nintendonya. Mungkin ibu saya mikirnya sama aja, ni anak bloon bukan gara gara maen Nintendo tapi emang udah dari sananya. Paling dapet omelan dikit kalo dapet nilai ulangan jelek. Abis kelar dimarahin pura pura tidur aja, trus sore sore mandi tanpa disuruh, abis itu nonton Satria Baja Hitam sambil makan. Selain SBH ada juga Tiny Toon, kalo saya dengerin lagu pembuka nya Tiny Toon aja dulu rasanya seneng bener. Kaya ada atmosfir menyenangkan gitu dengernya, sore sore baru mandi dan bedakan trus denger lagu itu. Seger! Lebih seger daripada Cut Tary!

Saya dari SD juga udah seneng dengerin musik, dulu saya sempet suka banget sama lagu pembukanya Power Rangers. Keren! Gitar nya ROCK banget!  Saya jadi pengen berantem kalo abis dengerin lagu itu rasanya bener bener pengen jadi superhero! Mungkin sama rasanya kaya di film Kick Ass (yang kurang seru) itu. Selain Power Rangers, saya juga suka sama lagu lagu yang ada di game. Salah satu yang saya inget itu game Super Nintendo judulnya Yu Yu Hakuso, itu ada lagu yang saya suka sampe saya rekam pake kaset trus saya ulang ulang. Rasanya jadi semangat gimana gitu. (semangat gimana gitu berbeda dengan semangat belajar atau semangat mandi, ini adalah dua semangat yang jarang saya dapetin. Sampe sekarang..)

Sore hari adalah waktu yang paling tepat juga untuk anak anak kecil ketemu, kopi darat, silaturahmi, dan kongkow bareng geng nya di lapangan deket rumah. Biasanya maen bola, tapi kalo lagi Thomas – Uber biasanya langsung latah pada maen badminton. Main badminton juga bukan perkara sederhana, sering juga olahraga mulia ini berujung tragedi. Mata temen saya pernah bonyok kesambit raket. Entah siapa yang bego (namanya juga anak kecil) tapi sampe sekarang juga saya heran kenapa tu raket bisa nyampe ke mata. Entah yang nyambit emang punya dendam pribadi atau mungkin muka yang kesambit mirip Kok. Ini masih menjadi misteri sampai hari ini..

Musik juga tidak lepas dari masa kanak kanak saya, dulu inget banget saya pertama kali liat video klip Base Jam di TV kayanya mereka kok keren banget dengan baju gombrong dan rambut belah tengah. Bisa nge band dan bisa maen drum. Saya beli terus album nya Base Jam dulu, karena menurut saya saat itu mereka keren. “Bisa main band” kalo bahasa saya dulu. Dan Alhamdulillah sekarang saya bisa maen gitar walaupun nggak jago jago amat. Paling tidak bisa menghibur hati dikala sepi menghampiri dan ketika gundah yang menemani.. Ketek kuda nil.

Saya waktu SMP itu udah mulai dengerin musik musik dari Matchbox 20, The OffSpring, Nirvana, 3 Doors Down, dst.. Sering sering saya ngulik lagu lagu mereka berbekal kemampuan maen gitar seadanya. Saya minta ajarin sama temen saya kord kord gitar supaya saya bisa mainin lagu itu. Inget banget dulu pas awal awal belajar saya sering di cemooh nggak becus main gitar, nggak cocok main gitar, dll.. Tapi ada dua orang temen saya yang selalu mau ngajarin saya dan ngasih semangat yaitu Handri dan Didit. Terimakasih ya kawan kawan! Nanti kapan gitu saya traktir kalian kacang Ginza satu dus, Oke?

Sering juga saya keabisan uang jajan akibat terlalu boros jajan di kantin pas istirahat pertama. Belagak gila tapi pas pulang duit di kantong tinggal seribu perak. Nah kalo udah begini saya biasanya datengin temen saya, dia ini seorang preman yang sering malak malakin anak SMP. Kebetulan entah gimana saya bisa akrab sama dia, inisial nya L. Sampe sekarang dia masih gentayangan di seputar komplek Galaksi tempat saya tinggal. Cuman sekarang dia udah tobat dan buka usaha DVD bajakan (tobat jadi pemalak malah jadi pembajak). Nah iya dulu saya sering ngamen sama dia dan satu orang temen nya dia lagi. Ngamen kerumah rumah di komplek galaksi nyanyiin lagu lagu nya Matchbox 20. Karena si L nggak ngerti lagunya jadi dia tepuk tangan aja sambil “Missiiiiii buuu…!!” Dan pernah suatu hari di sebuah rumah yang saya datengin buat ngamen ternyata itu adalah rumah temen sekelas saya dan dia anak murid perempuan yang cukup cantik. Tengsin bukan main. Tanpa ba bi bu saya dan L lari (saat itu si L ngira itu rumah polisi/tantrib). Dan kami ketawa sampe sakit perut setelah itu.

What a memory! 😀

Emang nggak pernah punya beban apa apa saat itu. Semua serba menyenangkan. Saya nggak akan berandai andai untuk bisa kembali ke masa itu, semua ini jadi kenangan saja buat saya. Kenangan yang membuat saya seperti sekarang. Saya belajar banyak dari apa yang udah saya lewatin. Dari ngamen sampe rame rame digaplokin satpam komplek (yang ini buat episode lain ya hehe) semua pernah saya lewatin. SMP itu masa masa saya yang paling liar, nggak pernah saya ngelewatin satu minggu tanpa di panggil ke ruang guru. Dan terakhir adalah ketika saya EBTA (sekarang UAN) saya dan satu orang teman saya adalah dua orang kandidat yang dinyatakan nggak akan lulus dari satu sekolah. Kepala sekolah saya sampe nangis waktu itu. Dan saya? Tetep cengengesan dan maen skateboard sepulang sekolah. Jangan bayangin saya maen skateboard disini adalah bisa melakukan trik trik lihai ala profesional, sungguh ini jauh lebih buruk dari yang kalian bayangkan. Namun akhirnya saya bisa membuktikan sama kepala sekolah saya bahwa saya bisa lulus. Walaupun sampe sekarang juga saya heran kenapa bisa lulus.

Pokonya intinya nih ya. Bersenang senang sajalah! Mau sekarang umur berapa kek, lagi pusing mikirin kerjaan kek, apalah itu! Udah maen aja, hidup serius itu nggak akan menyenangkan! Karena hidup bukan serius, tapi fokus.

*sok ngajarin

Udah ah saya mau makan nasi bebek dulu. Deket rumah saya ada yang enak banget, namanya Bebek Ella. Kenapa namanya Ella?

Mungkin yang punya seneng sama Rihanna.

"Mau kemana Ri?" "Mau ke Bebek Ella..Ella..Ee..Eeee..hihihi..Yuuuk.."

54 thoughts on “Memory Man

  1. Dea

    masa kecil emang enak ya, andai bisa ngulang 😛

    oh iya, saya juga sering denger Base Jam dulu di radio. *pas baca tadi, langsung keinget gitu lagunya* lol

    di tunggu cerita di gaplok satpamnya 😛

    Reply
    1. igamassardi Post author

      ternyata berita yg mengandung unsur penganiayaan memang banyak peminatnya ya.. okelah nanti saya post juga. biar rating nya naik.

      duileee raaaattiiiiiiingg….

      Reply
  2. chandz

    Apakah saya pertamax??
    Masa2 itu memang masa2 mengasyikkan..masa2 berandal buat saya juga..hahaha

    Cinta pertama deelel.
    Jadi inget jaman masih muda.

    😀

    Reply
  3. kitakitaqq

    Masa kecil itu paling lucu buat dikenang ya…
    Suka bikin masalah tapi nggak merasa bersalah dan belom ngerti dosa 😛
    Jadi aja lanjuttt terus bengalnya (LOL) tapi gpp yang begini ini bisa jadi cerita kalo udah gedhe… (baca: tua)
    Kalo gw dulu ngelewatin masa-masa Bondan Prakoso dengan si lumba-lumbanya…
    Masih satu jaman kan kita, mas iga?? atau udah beda yang didengerin?

    Reply
    1. igamassardi Post author

      emang sengaja dibuat anti klimaks. karena yang klimaks2 itu udah biasa. *ngeles

      fokus tanpa serius itu maksudnya tetep rileks namun punya tujuan. jadi nggak usah terlalu serius disini adalah maksudnya hidup nggak perlu tegang2. understand beibe?

      Reply
  4. lukman

    WANJING!! gua tau nih si L siapa!!! L**nk bukan??? huahahahahahaha!! btw ga, gue juga dulu waktu SD maen skateboard kisaran galaxy, di deket pemancingan, lo suka main di situ juga ga? ada anak Kemprat yg sekomplek ama gue dulu jago juga maen skate nya kira2 lo kenal gak ya? hehehe

    Reply
    1. lukman

      hehehe bukan kok, tapi rasanya saya tau ini siapa, cukup kaget aja gitu lho, soalnya saya suka beli DVD konser (yang tentunya bajakan) di dia hehuehuaeuhhueauhea

      Reply
  5. Bildyy

    Superseru, bener bgt masa kecil lebih indah dari SMA hehehe.

    Tapi kalo gak mau dipanggil dgn sebutan ‘Igaaa Igaa’, lantas di panggil dengan sebutan apa?

    Reply
  6. @beyoo

    Emang deh paling enak rasanya abis kabur dari tidur siang, dikejar-kejar suruh mandi sore, bedakan, terus disuapin sambil nonton kartun kesayangan. Indah banget dunia.

    Reply
  7. Keshia Deisra

    Iya cyiiin. Ayo makan bebek bareng! Biar jadi trio kwek-kwek, hidup bebek!!! *lari keliling lapangan ngibarin bendera merah-putih*

    Reply
  8. Zooey Deschanel

    “semangat gimana gitu berbeda dengan semangat belajar atau semangat mandi, ini adalah dua semangat yang jarang saya dapetin. Sampe sekarang.” ulangi, “semangat mandi…. semangat yang jarang saya dapetin.” HAHAHAHAHAHAHA

    Reply
  9. jonahmarge

    wah persis banget kaya masa kecil gw dulu. emang bahagia banget ya sore-sore habis mandi trus makan sambil nonton kartun atau acara superhero semacam Power Ranger. pikiran enteng, ga usah pusing mikirin segala macem. yang penting senang!

    Reply
  10. rigan

    haha iya itu saya juga suka haha

    “We’re tiny, we’re toony, we’re all a little looney, And in this cartoony, we’re invading your TV!”

    Reply
  11. Rahmaniahb

    “Hidup bukan serius tapi fokus.” Wah bisa dicoba tuh mumpung bentar lagi UAS okelah santai saja hahaha

    Reply
  12. juwita

    akhir2 ini saya juga lagi kepikiran masa2 kecil saya dulu yang liar: mancing, manjat pohon padahal saya cewek. Saya gak akan pulang kalo ibu belom jemput..hehe..emang bener kalo sore itu saat paling pas buat nyantai…kangen masa2 itu….

    Reply
  13. henny

    “Karena hidup bukan serius, tapi fokus.”
    sumpah mas, like this banget deh..
    jadi mengenang masa kecil yg kayaknya hebat banget, walaupun cwe bisa maen skateboard, bola, kasti deelel smp2 temen2 cwo gk percaya klo gw cwe tulen smp dikejar kejar kliling komplek bilang mau liat dong buat buktii *itu saat kelas 4 sd..

    eniwey, ternyata dunia sempit ya mas karena adekny mas iga yg cwe ternyata senior gw jaman sma. apakah anda dari sma yg sama?! hmmm

    Reply
  14. kitakitaqq

    Gw kalo maen sore suka lupa waktu. sempet sore2 nyokap keluar nyari gw ke rumah tetangga bawa-bawa sapu.
    Sumpah serem abis, gw pikir gw mau digebukin pake sapu.
    eh, ternyata nggak gitu ceritanya.
    Nyokap cuma nyuruh gw mandi sore dan kebetulan abis nyapu teras jadi keluar rumah sambil bawa-bawa sapu.

    Reply
  15. iif

    haha, cerita tentang masa lalu emang paling top. Gue sampai sekarang masih suka nonton Tiny Toon lewat youtube. Bahkan di tugas kuliah bikin video gue make soundtracknya tiny toon untuk backsound padahal udah semester 6. Itu karena lagunya benar2 nempel di kepala.
    Jadi kebayang waktu kecil yang bandel tapi tiap kali kena marah, besok di ulangi lagi…
    Nice post Ga

    Reply
  16. kenin

    masa-masa suram masa lalu emang paling enak buat diceritain lagi. bikin ngakak kalo diinget-inget.hahaha
    emg memory udah jadi anak band gak ada ga buat diceritain?

    Reply
  17. keishka

    hehe entry ini agak mengingatkan gw ke teaser buku judulnya… lupa tapiii intinya adalah ttg ‘the relaxed superstars’. si penulisnya mau ngomong kalo terbukti anak2 yg pas sma ga stres tapi fokus ama apa yg dia suka pd akhirnya bisa dapetin univ2 ivy leagues drpd yg ngeforsir sama hal2 (yg dianggep besar) pdhl ga suka. malah ada yg selama summer kerjaan bantuin ngurusin udang sm lobster akhirnya dapet beasiswa karena ya dia bisa nunjukkin kecintaan dia sm si udang dll itu dan dr situ bikin riset dll dsb hehe.

    blognya mencerahkan haha sering2 update ya iga 😀

    Reply
  18. lita

    Kak iga rumahnya di galaksi yang bekasi? Patung kuda berapa kak? hehehe. Saya suka baca blognya kak iga. Ditunggu ya tulisan-tulisan selanjutnya

    Reply
  19. jcristalia

    ka iga dulu ntn amigos ga kaa? ahahaha.
    sama parade film kartun tiap hr minggu pagi?
    kalo sekolah susah di bangunin tapi kalo hari minggu jam 6 udh nongkrong depan televisi nontonin film kartun.
    hehe :b

    Reply
  20. uyuy

    ngelawak abis ka iga HUAKAKAKA! tapi ngomong ngomong bebek ella itu dimana ya? -,-
    -> Ditunggu cerita di gaplok satpamnya ka hhahaha

    Reply
  21. Deva_Mamen

    wuohohooo… masa kecil gw sampai kelas1SD dihabiskan di Irian Jaya sana, Ga! 🙂
    suatu siang (rumah gw depannya tanah lapang luaaaasss), gw dan abang-adek gw pernah bakar pohon pake minyak tanah dr dapur. terus ditinggal tidur deh.
    ah rindu deh masa2 jahiliyah!!!

    Reply
  22. presyl

    hmm.. diliat dari tiny toon, ksatria baja hitam, base jam, naga-naganya kita satu jaman. ahaha.

    salam kenal dari sesama anak bekasi! yeay

    Reply

Leave a Reply

