F R E E

Salah seorang sahabat saya telah menulis tentang isu yang cukup berpotensi menghasilkan ‘gesekan’ terhadap kehidupan umat beragama. Topiknya adalah tentang pelarangan pembangunan gereja.

Saya pribadi sejujurnya jengah juga melihat spanduk spanduk yang bertuliskan tentang pelarangan pembangunan gereja. Kenapa dilarang? Tega sekali.

Saya adalah seorang muslim. Dan tentu saja merasa sedih jika melihat spanduk yang isinya adalah tentang pelarangan pembangunan tempat saya beribadah yaitu Mesjid. Apalagi jika tulisan tersebut saya lihat dengan frekuensi yang cukup sering. Tapi apakah pernah ada pelarangan pembangunan Mesjid? Tidak pernah. Tanya kenapa.

Makin lama caranya makin ekstrim dan penuh dengan kekerasan. Entah mereka baca dimana. Bahwa melakukan hal hal yang berbuntut kerusuhan adalah sesuatu yang ‘diperbolehkan’ atas nama Tuhan.

Entah bagaimana awalnya. Seperti ada dendam dalam setiap aksi aksi anti seperti ini.

Emang ngelarang bikin gereja ada manfaatnya? Emang bikin orang jadi makin rajin Solat?

Ini bukan negara milik sebuah agama. Ini negara demokrasi.

Daripada ngelarang bikin gereja, mending ngurusin umat sendiri. Yang hobinya bikin bom bunuh diri.

Sudahlah.

#NowPlaying β™« Ello – Buka Semangat Baru
10 thoughts on “F R E E

  1. ando

    hmm.. terima kasih untuk apresiasi nya ga..
    kami yang minoritas ini memang sudah haus akan keadilan itu sendiri dan mudah mudahan masih banyak orang orang di luar sana yang memiliki apresiasi seperti ini..

    Reply
    1. igamassardi Post author

      Iya Ndo. Harusnya mereka nggak berbuat seperti itu. Dan itu semua adalah aksi aksi yang didasari kepentingan golongan. Jadi gue sangat tidak setuju kalo mereka mengatasnamakan ISLAM untuk aksi aksi dangkal segelintir orang seperti ini.

      Reply
  2. bungabakung

    iga, gw baru aja baca tulisan kamu n cekakak cekikik baca tulisan2 sebelumnya. tapi yg 1 ini bener2 bikin gw terharu.
    soalnya gw pernah ngerasain sendiri terkurung dalam gedung gereja yang lagi dikepung massa n mau dibakar… wew…
    tapi gpp, walaupun kadang masih suka trauma liat kepungan massa tapi ga ada dendam sekali, cuma berharap hari ini dst makin banyak “Iga – Iga” lain di Indonesia ini. Amin…

    *thank u so much, Iga for sharing your thoughts. it meant a lot to us, minority people. may God Bless u always, Iga*

    Reply
    1. igamassardi Post author

      terimakasih sudah membaca πŸ™‚ ini bentuk kejengahan saya dengan orang2 yg berpikiran pendek dan sempit. padahal mengecap buruk orang berdasarkan agama adalah tindakan yang jauh dari ajaran agama manapun. karena tiap orang punya kepribadian yg berbeda. ya saya dan banyak orang lain yg berpikiran sama pun selalu berharap konflik2 ini segera berakhir,karena saya orang yg cinta sekali damai. Insya Allah semua akan berujung baik..Amin. πŸ™‚

      Reply

Leave a Reply

